Peristiwa

Akhirnya, Setelah 15 Jam Tertimbun LongsorJasad Acek Ditemukan Tim SAR Gabungan

QILATZ.COM, CIMANGGUNG – Setelah dilakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan, akhirnya korban tertimbun longsor bernama Acek (50) warga Dusun Cisepan, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung ditemukan dengan kondisi meninggal dunia.

Menurut informasi yang diperoleh, bahwa pencarian mulai dilakukan sekitar pukul 07.00 wib, dan selang 30 menit atau sekitar pukul 07.30 wib akhirnya korban ditemukan.

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril mengatakan, sebelumnya pencarian fokus pada titik yang menurut keterangan saksi yaitu disisi kedua dibawah tebing percis dugaan korban tertimbun.

“Teknik yang dilakukan tim adalah menggunakan alcon untuk menggerus tanah yang menimbun korban,” ucapnya. Selasa (20/12)

Ia mengaku, proses evakuasi menghadapi beberap kendala yang dihadapi yakni alat berat tidak bisa masuk ke lokasi, material lepas masih jatuh dari tebing sehingga riskan longsor susulan.

“Setelah ditemukan, langsung di evakuasi, karena masih dibawah timbunan tanah sebagian tubuhnya, selanjutnya sekitar pukul 07.50 wib korban di bawa ke rumah duka,” ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai keinginan keluarga, korban tidak dibawa ke Rumah Sakit, langsung dimakamkan setelah di mandikan dan disolatkan.

“Karena korban sudah ditemukannya, pukul 08.10 operasi SAR longsor Sindulang pun ditutup. Adapun personil yang ikut dalam pencarian, Basarnas 10 personil, Koramil cimanggung 8 personil, Polsek cimanggung 5 personil, Sat Pol PP Cimanggung 2 personil, warga 50 orang dan Kesbangpol 1 orang, total 76 orang,” katanya.

“Pencarian semalam dilakukan hingga pukul 21.00 wib, dan sekitar pukul 07.00 wib kembali dilanjutkan Tim SAR gabungan terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD Sumedang, Basarnas, dan warga melakukan pencarian dititik tertimbunnya korban,” katanya.

Korban dikabarkan tertimbun tebing setinggi 15 meter lebar 20 meter sekitar pukul 16.00 wib, saat memperbaiki saluran air setelah memberikan makan hewan peliharaannya. ***

Back to top button