Musik

Berolahraga Sambil Dengarkan Musik Mampu Tingkatkan Mood Kamu Seharian

Siapa bilang berolahraga itu merupakan aktivitas yang melelahkan? Coba deh berolahraga sambil mendengarkan musik kesayangan, dijamin olahraga menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Mendengarkan musik dengan tempo yang relatif cepat ketika sedang berolahraga terbukti mampu mengurangi rasa lelah yang mendera ketika sedang berolahraga. Profesor Luca P Ardigo, seorang peneliti dari Universitas Veroa di Italia beberapa tahun lalu, mengatakan bahwa musik dengan irama yang cepat dapat meningkatkan fungsi organ-organ vital seperti jantung serta mengurangi jumlah tenaga yang dikeluarkan.

Studi ini dilakukan oleh Profesor Luca dengan para koleganya dengan membandingkan performa olahraga yang dilakukan seseorang yang mendengarkan musik ketika berolahraga dengan orang yang tidak mendengarkan musik. Sudah banyak penelitian-penelitian sejenis yang juga membuktikan bahwa berolahraga sembari mendengarkan musik dapat membantu seseorang.

Ketika berolahraga diselesaikan tanpa rasa lelah, maka hal itu dapat meningkatkan mood selama seharian. Aktivitas-aktivitas lainnya cenderung dapat dikerjakan dengan mudah dan bahagia. Untuk genre musik apa yang harus didengarkan ketika sedang berolahraga sangat tergantung kepada setiap orang.

Hal ini dikarenakan musik merupakan salah satu hal yang sangat subjektif, bisa berbeda-beda untuk masing-masing individu. Apapun jenis musik yang didengarkan, berdasarkan studi yang telah dilakukan di Universitas Veroa, tempo musik cepat bisa dijadikan pilihan musik yang disarankan untuk didengarkan ketika berolahraga, agar olahraga menjadi sebuah aktivitas yang membahagiakan untuk dilakukan. 

Back to top button