Peristiwa

Hadapi Bencana Basah Longsor dan Banjir, Kodim Sumedang Gelar Gladi Bencana

QILATZ.COM, SUMEDANG – Dalam rangka mengurangi risiko bencana serta meningkatkan pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di Kabupaten Sumedang Kodim 0610/Sumedang menggelar pelatihan Gladi Posko dan Gladi Lapangan. Selasa (31/10/2023).

Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kav Christian Gordon Rambu, bertindak sebagai Inspektur dilapang upacara di Markas Kodim 0610 Sumedang.

Dandim 0610 Sumedang menyampaikan bahwa tugas dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI, Pemerintah Daerah, atau BPBD saja.

Baca Juga :  Bersihkan Alun-alun untuk Shalat Ied, Koramil 1004 Tanjungsari Kerahkan Babinsa

“Tugas ini adalah tugas bersama yang harus dilaksanakan dengan kerja sama dan solidaritas. Semua kegiatan harus sinergis dan tidak boleh berjalan sendiri-sendiri,” ujarnya.

Dandim mengaku, dengan keyakinan bahwa tugas penanggulangan bencana adalah tugas semua, maka kemungkinan besar tugas ini akan maksimal.

Baca Juga :  Koramil Darmaraja Melakukan Pengecekan Pompa Air Poktan Mekarsari

“Para peserta akan dilatih komunikasi agar di lapangan tidak terjadi kesalahan komunikasi. Mereka juga akan belajar tentang kemampuan dinas/instansi masing-masing serta melakukan introspeksi diri pribadi untuk meningkatkan efektivitas dalam menghadapi bencana,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai jenis bencana, termasuk kebakaran dan longsor.

Baca Juga :  Bersihkan Alun-alun untuk Shalat Ied, Koramil 1004 Tanjungsari Kerahkan Babinsa

“Materi pelatihan disampaikan oleh tim teknis dari berbagai instansi, termasuk kepolisian, TNI, dan unsur lainnya. Kita akan bersimulasi seolah-olah kita sedang menghadapi suatu bencana, terutama bencana basah seperti longsor dan banjir,” tambahnya.

Menurutnya, peralatan yang digunakan dalam pelatihan melibatkan semua unsur, termasuk BPBD, TNI/Polri, Damkar, PMI, dan instansi lainnya, sehingga kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dapat ditingkatkan secara bersama-sama.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button