TNI/Polri

Kodim 0610/Sumedang Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-95

QILATZ.COM, SUMEDANG – Kodim 0610/Sumedang Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 dengan tema “Bersama Majukan Indonesia”.

Komando Distrik Militer 0610/Sumedang melaksanakan upacara hari sumpah pemuda di Lapangan Apel Makodim 0610/Sumedang, jalan Pangeran Kornel No 164, kelurahan Pasanggrahan Baru, kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, Sabtu (28/10/2023).

Upacara dipimpin Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si(Han) yang diwakili oleh Danramil 1006/Rancakalong Mayor Inf.Dedi Ruanto, Perwira Upacara Kapten Inf Wawan, Komandan Upacara Letda Cba Tri Setio Utomo, Pembaca Pembukaan UUD 1945 Serda Idris Pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 Serma Doni

Selaku Inspektur Upacara, Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si(Han) melalui Danramil 1006/Rancakalong Mayor Inf. Dedi Ruanto, saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong.

Baca Juga :  Bersihkan Alun-alun untuk Shalat Ied, Koramil 1004 Tanjungsari Kerahkan Babinsa

“Seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan,” ujarnya.

Disampaikan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama
Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

“Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda –
pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional” kata Menpora dalam amanatnya.

Baca Juga :  Koramil Darmaraja Melakukan Pengecekan Pompa Air Poktan Mekarsari

Lebih lanjut disampaikan bahwa posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi,
kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang dikontestasi.

“Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor” tegas Menpora dalam amanat.

Baca Juga :  Bersihkan Alun-alun untuk Shalat Ied, Koramil 1004 Tanjungsari Kerahkan Babinsa

Sebelum mengakhiri amanatnya, Menpora menegaskan pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita
harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan
Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi
Kepemudaan, Komunitas serta elemen – elemen lain.

“Saudara-saudara sekalian, marilah kita jadikan momentum peringatan
Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat
kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita” pungkas Dandim saat membacakan amanat Menpora RI.

Back to top button