Politik

Lakukan Press Release, Panwascam Tanjungmedar Sumedang : Proses Pungut Suara Berjalan Aman

Panwascam Tanjungmedar melakukan pengawasan pemungutan dan penghitungan surat suara. Hasil dari pengawasan mendapati beberapa hal temuan saat proses pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjungmedar, Ani Siti Maryani, mengungkapkan bahwa ditemukan temuan seperti perselisihan antara saksi dan KPPS TPS 3 Desa Jingkang.

“Saksi tidak dapat masuk ke dalam TPS dikarenakan adanya miss komunikasi hingga terjadi perselisihan Saksi dan KPPS dan dapat diselesaikan secara cepat melalui proses sengketa administrasi pemilu oleh Panwascam,” kata Ani saat Press Release di sekertariat Panwascam Kecamatan Tanjungmedar, Kamis (28/03/24).

Ani mengatakan memang dalam hal pengawasan pemungutan dan perhitungan suara ada beberapa strategi yang mesti dilakukan.

“Untuk pengawasan kita sudah menggunakan beberapa cara seperti, pemantauan TPS rawan, pemetaan potensi kerawanan pelanggaran, menugaskan 1 Panwascam di 1 Desa, Mengoptimalkan peran PKD dan PTPS serta Melakukan pengawasan secara melekat proses Pemungutan dan Penghitungan Suara,” kata Ani

Ia mengatakan, pada proses pemungutan dan penghitungan suara tidak terjadi pelanggaran pemilu baik administrasi maupun pidana pemilu.

“Dalam proses pemungutan serta penghitungan suara secara garis besar bisa di katakan tidak terjadi pelanggaran pidana pemilu maupun administrasi,” kata Ani.

Selain itu Ia mengatakan, ada beberapa pelanggaran saat rekaptulasi hasil seperti kesalahan penulisan dan penjumlahan pada C hasil, kesalahan penulisan dan penjumlahan pada berita acara C salinan, Selanjutnya oleh Panwascam dilakukan saran pembukaan kotak suara untuk memastikan hasil yang tepat dan akurat.

“Ada penjumlahan dan penulisan C hasil yang salah, kesalahan penulisan berita acara C hasil, kita sarankan untuk melakukan pembukaan kota suara untuk pastikan hasil yang akurat dan tepat,” kata Ani.

Back to top button