Peristiwa

Lebah Odeng Serang Warga Cinangerang Pamulihan, Berikut Cara Mencegah Gigitan Lebah

QILATZ.COM, PAMULIHAN – Diduga sarangnya dirusak burung elang, lebah Odeng menyerang warga Desa Cinangerang, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.
Kepala Desa Cinangerang, Ade Suryana membenarkan kejadian munculnya lebah odeng yang  menyerang warga yang terjadi pada dua pekan lalu.
“Ada sekitar 20 orang warga kami menjadi korban sengatan lebah, yang harus mendapat perawatan warga yang diserang kejadian pertama 17 orang, dan kejadian kedua ada 3 orang, totalnya 20 orang,” kata Ade.
Kades mengaku, ada seorang petani yang tengah memanen padi, diserang lebah odeng langsung pingsan dan dilarikan ke klinik.
“Kami telah melakukan upaya, dengan membakat ban bekas, dan mendatangkan pawang lebah hasil dari koordinasi dengan pihak kehutanan,” tandasnya.
Dikutif dari alodokter.com bahwa untuk mencegah terjadinya sengatan lebah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:
  • Kenakan alat pelindung diri, seperti sarung tangan, kaus kaki, celana panjang, penutup wajah, dan sepatu, saat beraktivitas di sekitar sarang lebah.
  • Hindari menggunakan parfum dan pakaian berwarna cerah ketika berkebun atau membersihkan halaman, karena hal ini dapat menarik perhatian lebah dan serangga lainnya.
  • Tutup tempat sampah di rumah dengan baik, agar lebah tidak mendekat.
  • Saat bepergian menggunakan mobil, tutup jendela rapat-rapat agar tidak ada lebah yang masuk.
  • Apabila ada lebah di sekitar Anda, jangan berusaha untuk memukulnya. Cobalah untuk tenang dan jauhi lebah tersebut atau tunggu hingga serangga ini pergi dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button