Politik

Mampu Antisipasi Berbagai Persoalan, Pemilu di Sukasari Berjalan Kondusif

QILATZ.COM, SUKASARI – Jajaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Sukasari memastikan bahwa telah sukses melaksanakan pengawasan masa tenang serta pemungutan dan perhitungan suara di wilayah Kecamatan Sukasari yang berjumlah 104 TPS yang tersebar di 7 Desa se-Kecamatan Sukasari.

Ketua Panwaslu Sukasari Rd. Deedee Galih mengatakan, jajaran Panwaslu Sukasari, Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), dan Panitia Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) telah bekerja secara maksimal.

“Alhamdulillah Pemilu di Dapil 6 khusus Kecamatan Sukasari pada Rabu (14/02) dan Kamis (15/02) Februari 2024 berjalan lancar, hasilnya cukup memuaskan, tidak ada permasalahan yang terjadi, meski ada bintik bintik permasalahan namun semuanya bisa diatasi dengan baik,” ujarnya didampingi Komisioner Panwaslu Sukasari Asep Rahmat dan Tata M Tarmana saat press realese di Desa Sukasari. Sabtu (30/03/2024).

Baca Juga :  Panwaslu Kecamatan Jatinangor Mampu Petakan 8 Jenis TPS Rawan Sehingga Pemilu 2024 Berjalan Lancar

Galih menambahkan, keberhasilan Pemilu di Sukasari tidak terlepas dari peran semua pihak, yang melaksanakan tahapan demi tahapan dari awal hingga akhir.

“Kami Panwaslu Kecamatan Sukasari yang terdiri dari Panwascam, PKD, dan PTPS Se kecamatan Sukasari melaksanakan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara tersebar di 104 TPS yang ada di 7 Desa Seluruh Kecamatan Sukasari,” ucapnya.

Baca Juga :  Panwaslu Kecamatan Cimanggung Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Lancar dengan Partisipasi Pemilih 89,9 Persen

Menurutnya, pengawasan pelaksanaan tersebut dilakukan bukan hanya secara langsung tetapi juga dilengkapi dengan pembuatan Dokumen administrative Pengawasan antara Lain Pembuatan Form A. LHP (Laporan Hasil Pengawasan) sesuai tingkat Pengawasannya, Alat Kerja SIWASLU manual (Hard Copy), dan Aplikasi SIWASLU Online berbasis Android dan Pelaporan dalam bentuk pendokumentasian C-Hasil dan C-Salinan di 5 Jenis Pemilihan disetiap TPS

“Jenias 5 dokumentasi yakni PPWP, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten sehingga pelaksanaan Pengawasan baik secara langsung maupun melekat dapat berjalan dengan Optimal sesuai dengan Surat Instruksi Pengawasan dari Bawaslu Kab. Sumedang Nomor : 074/PM.00.01/K.JB-17/02/2024 Tanggal 11 Februari 2024,” katanya.

Baca Juga :  Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Panwaslu Pamulihan Apresiasi Semua Pihak

Kendati demikian, lanjut ia, Pemilu di Sukasari berjalan damai dan tidak ada Perhitungan Suara Ulang (PSU) Lanjutan, maupun Susulan di Wilayah Kec. Sukasari, di karenakan Proses Pencegahan yang optimal yang di lakukan oleh Jajaran Pengawas di berbagai tingkatan baik Panwascam, PKD, maupun PTPS.

“Yang membuat kami bangga pelaksaaan Pemilu yang telah berlangsung mencapai peningkatan partisipasi pemilih sebanyak 94% dari jumlah pengguna hak pilih sebanyak 24.670 dari Jumlah DPT sebanyak 26.245 Pemilih se Kecamatan Sukasari,” tandasnya.***

Back to top button