TNI/Polri

Warga di Lokasi TMMD Dapat Ilmu Bela Negara

QILATZ.COM, SURIAN – TMMD Ke-116 Kodim 0610/Sumedang TA 2023, selain sasaran fisik ada juga non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi kepada warga masyarakat.

Bahkan, kegiatan non fisik juga menjadi bagian penting dari sasaran yang harus dicapai sebagai bagian tolak ukur keberhasilan atau suksesnya program TMMD ke-116 Kodim 0610/Sumedang.

Danpos mil Surian Koramil 1008/Buahdua, Peltu Siswo, mengatakan, materi penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang), bela negara serta penanaman nilai-nilai ideologi Pancasila, yakni bertempat di Aula Desa Wanajaya, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga :  Koramil Darmaraja Melakukan Pengecekan Pompa Air Poktan Mekarsari

Tampak, antusiasme warga saat menerima penyuluhan Wasbang mengikuti paparan tentang bela negara, dalam memperkokoh jiwa nasionalisme masyarakat dari berbagai ancaman yang mungkin terjadi yang dapat merongrong kehidupan bangsa.

“Materi wawasan kebangsaan diberikan bertujuan untuk membina, membentuk komponen masyarakat yang berkepribadian serta cinta tanah air, hingga terbentuk karakter yang memiliki sikap patriotisme dan bela negara,” ungkap Danpos, saat menjadi narasumber materi Wasbang.

Danpos juga menuturkan, Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam mempertahankan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Baca Juga :  Lakukan Press Release, Panwascam Tanjungmedar Sumedang : Proses Pungut Suara Berjalan Aman

“Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Dan merupakan wujud kecintaan seorang warga negara di tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini, terjadi sejak seseorang lahir, tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan,” paparnya.

Lebih lanjut, kata dia, dalam pelaksanaan pembelaan negara, seorang warga negara dapat melakukannya baik secara fisik maupun non fisik. Pembelaan negara secara fisik diantaranya dengan cara perjuangan mengangkat senjata apabila ada serangan dari negara asing terhadap kedaulatan bangsa.

Baca Juga :  Bersihkan Alun-alun untuk Shalat Ied, Koramil 1004 Tanjungsari Kerahkan Babinsa

“Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu, hakikatnya kesiapan berbakti pada negara dan kesiapan berkorban membela negara,” tegasnya.***

Back to top button